Cara Menghindari Auto Tag Di Facebook



Cara Menghindari Auto Tag Di Facebook. Modus spam seperti ini sebenarnya sudah marak di Facebook sejak tahun 2010, dan mirisnya hingga kini modus ini tidak juga berhenti atau berkurang. Malah justru semakin banyak saja korban yang terkena "Jebakan Batman" tersebut. Bahkan hampir setiap hari selalu mendapatkan notifikasi tag yang isinya hanya hal bodoh dan pembualan, seperti Cara Hack Password Teman, Cara BBM-an di Facebook (Oh My God! Kapan BlackBerry merilis aplikasinya di Facebook? Baru rilis di Android dan iOS saja hampir membuat mereka bangkrut). Bahkan ada juga modus untuk Memperoleh Ribuan Followers yang ternyata hasilnya ZONK!

Karena kasus tersebut akhirnya  Penaku terisnpirasi untuk menulis artikel yang membahas Autotag Facebook ini. Sejatinya, fungsi "Tag" sendiri adalah untuk memudahkan kita menyebut atau memanggil profil seorang teman kita di Facebook, namun fitur ini dimanfaatkan oleh beberapa oknum pembuat BOT atau script program yang berjalan secara otomatis untuk melakukan tugas tertentu. Dalam kasus ini otomatis mengontrol akun kita, kemudian men-tag semua orang yang ada di daftar teman kita ke dalam status atau postingan yang sudah dikemas dalam bentuk tutorial yang "menarik". Sehingga banyak orang yang tertarik (tertipu - red) untuk mencobanya, dan walhasil. TA-DA! Ibarat peribahasa "Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau... Ah tidak, bahkan ratusan pulau terlampaui", satu orang tertipu membawa ratusan calon korban tambahan.

Cara Menghindari Auto Tag Di Facebook


Sebagai pengguna Facebook kita harus mulai cerdas menanggapi maraknya modus spam seperti ini. Jangan mau mengikuti tutorial-tutorial yang "nyeleneh". Dimana mereka mengarahkan untuk membuka sebuah link, setelah penjelasan yang panjang lebar mereka akan menyuruh kita untuk meng-copypaste sebuah script ke console browser. Script tersebut nantinya akan memanggil semua daftar teman yang ada untuk di-tag ke dalam komentar.

Sobat Pena dapat dengan mudah mengenali tipuan modus seperti ini hanya dengan melihat komentar status tersebut, jika semuanya hanya berisi tag-tag profil orang dan juga berisi kata atau kalimat yang sama, misalkan "HOREEYYY!!! Akhirnya aku bisa BBM-an di Facebook". Maka dapat dipastikan itu adalah SPAM.

Sedangkan untuk menghindari atau mencegahnya, sobat hanya perlu untuk "TIDAK PERCAYA" dengan kiriman-kiriman yang tidak bermutu seperti Cara Hack Password Teman, Cara BBM-an di Facebook, Cara Memperoleh Ribuan Followers, Auto Like Terbaru, dan sebagainya. Jangan sobat ikuti karena isinya hanya perintah-perintah aneh yang tujuannya menyesatkan.

Jika sobat sudah dibuat jengkel atau geram oleh notifikasi-notifikasi tag tidak jelas tersebut, silahkan kirim pesan kepada orang yang men-tag Facebook sobat tersebut. Jika dia adalah teman dekat sobat, beritahu dia bahwa itu semua hanya spam, pembohongan yang imbasnya hanya mengganggu kenyamanan orang lain karena mereka akan mendapat notifikasi tidak penting.

Namun jika dia adalah orang yang tidak Sobat Pena kenal, maka blokir saja. Tidak rugi bukan kehilangan satu teman Facebook yang mengganggu? Toh memang nyatanya kita tidak kenal dengan dia.
Maka dari itu Pena tekankan, Jadilah Facebooker yang Cerdas! Gunakan Facebook untuk hal-hal yang wajar saja, jangan sampai kalian mencoba-coba trik jahil tetapi malah kalian sendiri yang menjadi korbannya. Sekian artikel ini, mudah-mudahan informasi yang disajikan bermanfaat. Mohon maaf jika kata-kata Mang Tekno terkesan agak frontal, karena kita memang harus tegas terhadap hal ini. Terima kasih.
Cara Menghindari Auto Tag Di Facebook



0 Response to "Cara Menghindari Auto Tag Di Facebook"

Post a Comment